ECONOMIC EMPOWERMENT OF FISHERMEN'S MICRO, SMALL AND MEDIUM ENTERPRISES IN INDONESIA THROUGH E-COMMERCE BASED SALES OF MARINE PRODUCTS

Authors

  • Elvrida Sinaga Universitas Terbuka dan Dinas Pendidikan Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.56282/deditr.v1i1.202

Keywords:

UMKM, E-Commerce, Fishermen

Abstract

Maraknya transaksi melalui e-commerce, memadainya produksi perikanan dan telah banyaknya tempat pelelangan ikan (TPI) yang tersebar di banyak wilayah Indonesia, dan belajar dari terjadinya pandemic yang telah menyebabkan pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM)nelayan merosot tajam, menjadi tantangan tersendiri yang segera harus ditangani oleh pemerintah dalam meningkatkan perekonomian UMKM, terutama UMKM Nelayan. Berdasarkan studi kualitatif, dihasilkan 2 (dua) kesimpulan. Pertama, pemasaran hasil laut di Indonesia masih cenderung melibatkan lapisan pedagang perantara yang menyebabkan kesejahteraan UMKM nelayan dirugikan padahal harga-harga kebutuhan pokok yang ditanggung nelayan cenderung meningkat. Kedua, pemasaran berbasis e-commerce untuk penjualan ikan laut di Indonesia perlu dilakukan melalui dukungan penuh pemerintah dengan modal dasar banyaknya coldstorage yang didirkan saat ini. Keutamaannya terletak pada basis data onlinenya yang langsung dapat diakses oleh penjual dan pembeli. Diperlukan sinergi pemerintah dan investor dalam membangun platform jual beli ikan, sehingga harga ikan dapat kompetitif dan transparan, sehingga perekonomian UMKM nelayan dapat meningkat.

Downloads

Published

2022-07-20