Cooperative Learning Type Number Head Together: A Literature Review Perspective

Authors

  • Nazar Hamid Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.56282/sshs.v1i1.265

Keywords:

Cooperative Learning, Number Head Together, Modul, LKS

Abstract

Selama ini sekolah-sekolah menengah atas, termasuk Sekolah Menengah Atas (SMA)/ Madrasah Aliyah (MA), masih kekurangan fasilitas dalam menunjang tercapainya tujuan pendidikan. Adanya kekuModul, LKSrangan tersebut berdampak pada hasil belajar siswa, seperti pada mata pelajaran Akuntansi, yang cenderung lebih rendah. Hal ini diakibatkan masih banyaknya sekolah yang menggunakan model pembelajaran yang bersifat klasik dengan materi pembelajaran yang disusun oleh guru secara monolog dimana guru merancang suatu materi kemudian siswa diberi contoh soal dari latihan aplikasi soal. Akibatnya kesempatan siswa untuk mengalami proses penemuan cara-cara penyelesaian soal secara praktis hampir tidak ada. Berdasarkan analisis dan hasil pembahasan, disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe NHT dilengkapi modul tergolong tinggi. Hal ini menunjukkan kualitas prestasi belajar dengan menggunakan metode dan media ini sangat baik. Begitu juga yang menggunakan model Cooperative tipe NHT dilengkapi LKS termasuk kategori tinggi. Ini menunjukkan bahwa kualitas prestasi belajar sudah baik.

Downloads

Published

2022-06-30