STRATEGI MENINGKATKAN KINERJA GURU MELALUI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH: Suatu Studi Literatur
DOI:
https://doi.org/10.56282/jvpc.v1i1.188Keywords:
Strategi, Guru, Kepala Sekolah, Supervisi, KinerjaAbstract
Guru memiliki potensi yang cukup tinggi untuk berkreasi dan meningkatkan kinerja, namun banyak faktor yang menghambat mereka dalam mengembangkan berbagai potensinya secara optimal. diperlukan pembinaan yang berkelanjutan dan berkesinambungan dengan program yang terarah dan sistematis terhadap para guru melalui kepala sekolah mempunyai tanggung jawab untuk mengawasi dan meningkatkan kemampuan guru. Terutama pada masa pandemi ini, mengingat pada masa tersebut guru mutlak membutuhkan kemampuan penguasaan media pembelajaran yang mendukung pembelajaran jarak jauh. Berdasarkan pendekatan kualitatif dengan metode literature review, disimpulkan bahwa strategi meningkatkan Kinerja Guru melalui Supervisi Kepala Sekolah dilakukan dengan mendorong guru agar mampu memecahkan masalah-masalah pembelajaran, membentuk guru memahami, memilih dan merumuskan tujuan pendidikan, membantu memberikan kemudahan kepada guru dalam proses pengajuan kenaikan pangkatnya, memberikan peluang kepada guru untuk tumbuh dalam meningkatkan pengetahuan, meningkatkan keahlian dalam mengajar, dan memperoleh keterampilan yang baru.