PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU

(Studi Survei di SMKN 1 Janapria)

Authors

  • Wawan Supriadi Susmia Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.56282/jpapi.v1i1.177

Keywords:

Kepala Sekolah, Kinerja Guru, Supervisi

Abstract

Latar belakang penulis melakukan penelitian ini dikarenakan peneliti ingin mengetahui seberapa besar pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru. Yang mana supervisi kepala sekolah ditujukan kepada situasi belajar perbaikan dan peningkatan kualitas pengajaran. Kepala sekolah yang tugas dan tanggung jawabnya sebagai leader, memiliki keahlian dasar dalam memimpin sekolah tentu akan mempengaruhi kinerja guru.

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendapat gambaran mengenai pengaruh penerapan supervisi kepala sekolah di SMKN 1 Janapria (2) Untuk mengetahui kinerja guru di SMKN 1 Janapria (3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara penerapan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMKN 1 Janapria.

Jenis penelitian ini berdasarkan metodenya adalah penelitian survey yang merupakan bagian dari pendekatan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tenaga pendidik/guru SMKN 1 Janapria, yang berjumlah 30 orang dan 1 orang kepala sekolah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial.

Dari Hasil penelitian yang dilakukan penulis mengenai supervisi kepala sekolah di SMKN 1 Janapria, menunjukkan bahwa jika dilihat dari segi uji koefisien product moment menghasilkan rxy atau ro sebesar 0,522. Hal ini menunjukkan bahwa maka dapat diketahui bahwa Df sebesar 29, diperoleh nilai “r” product moment pada taraf signifikan 5% = 0,367 dan taraf signitifkan 1% = 0,470. Dengan demikian ternyata bahwa  <  baik pada paragraf signifikan 5% atau 1%, maka Hipotesis Alternatif di tolak, sedangkan Hipotesis Nihil diterima atau disetujui, artinya dapat pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMKN 1 Janapria.

Downloads

Published

2022-06-22